Perjalanan Menuju Pulau Nusa Kode

MATAHARI tepat di atas kepala. Teriknya begitu terasa saat kami tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/8/2016).

Kapal pinisi Lady Denok dan Cajoma IV bersiap di dermaga untuk mengikuti Ekspedisi X-T2. Ekspedisi ini diikuti 20 orang yang terdiri dari fotografer profesional, duta Fuji, dan wartawan untuk menguji kemampuan kamera Fujifilm X-T2.

Kamera yang bisa merekam video 4K ini akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada akhir September mendatang.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Panorama di Pulau Kelor, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Kelor yang berpasir putih menjadi tempat persinggahan pertama. Setelah menginap semalam di kapal di sekitar Gili Lawa, pukul 04.00 kami melanjutkan perjalanan ke perkampungan nelayan Desa Komodo, menemui penduduknya yang ramah dan anak-anak yang ceria berangkat ke sekolah.

Perjalanan berlanjut ke Loh Liang menyaksikan atraksi komodo (Varanus komodoensis) ditemani para jagawana, kemudian menuju Pantai Merah atau biasa disebut Pink Beach untuk beristirahat siang, dan kembali bermalam di kapal di sekitar Pulau Padar yang dikelilingi teluk yang teduh.

Mendung masih bergelayut meski waktu menunjukkan pukul 08.00 lebih di Pulau Nusa Kode. Dari balik semak keluar komodo satu per satu hingga berjumlah tujuh di garis pantai yang berpasir hitam itu.

KOMPAS/AGUS SUSANTO Senja di Pulau Padar, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Tak lama kemudian, elang flores (Nisaetus floris) terbang dari pucuk pepohonan lalu menukik tajam menyambar ikan kecil di dekat komodo. Pemandangan alam liar yang memancing adrenalin.

Pulau Nusa Kode adalah titik perjalanan terjauh yang ditempuh Ekspedisi X-T2. Pulau Nusa Kode berada di sebelah selatan Pulau Rinca dan masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. (AGUS SUSANTO)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 28 Agustus 2016, di halaman 31 dengan judul “Perjalanan Menuju Pulau Nusa Kode”.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/30/213700027/Perjalanan.Menuju.Pulau.Nusa.Kode

Leave a Reply