Pilih Mana, Tiket Penerbangan Atau Paket Wisata Ke Eropa?

JAKARTA, KOMPAS.com – Melancong ke Eropa masih digolongkan sebagai liburan mewah di Indonesia. Meski banyak maskapai yang memberi promo potongan harga tiket di acara pameran wisata, faktanya masih sedikit pengunjung yang membeli tiket penerbangan ke Eropa.

Sebaliknya, paket wisata ke Eropa tak pernah sepi pengunjung. Dari Eropa Barat, Timur, dan Utara derah Skandinavia, paket wisata Eropa digemari oleh masyarakat Indonesia. 

“Paket wisata ke Eropa sebenarnya lebih murah dibanding tiketnya. Apalagi kalau sedang low season,” kata Director Operational of Sales ATS, Lilik Budiman kepada KompasTravel, di Kompas Travel Fair, JCC, Sabtu (3/9/2016).

Lilik menjelaskan rata-rata tiket ke Eropa dibanderol harga Rp 10-12 juta. Sedangkan paket wisata ke Eropa Barat misalnya untuk 12 hari dibanderol Rp 21 juta. Sudah termasuk tiket transportasi, akomodasi, tiket masuk wisata, dan lainnya.

“Hampir semua travel fair begitu, paket wisata ke Eropa lebih murah dibanding tiketnya. Sedangkan budaya orang Indonesia juga lebih suka terima beres, maka kami lebih sarankan untuk ikut paket wisata,” kata Lilik. 

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Taman Bunga Tulip Keukenhof di Lisse, Belanda, Rabu (11/5/2016). Taman seluas 32 hektar ini menyimpan 7 juta jenis bunga dan tahun ini taman ini dibuka pada periode 24 Maret – 16 Mei 2016.

Apabila memilih untuk membeli tiket penerbangan mandiri atau tak menggunakan paket wisata, Lilik menyarankan bagi konsumen untuk memikirkan dulu satu hal yang terbilang penting untuk berwisata di Eropa, yaitu transportasi lokal. 

“Transportasi untuk perpindahan di Eropa itu terbilang mahal, apalagi jika menggunakan taksi. Banyak orang Indonesia yang membeli tiket penerbangan sendiri, tapi transportasi lokalnya tak dipikirkan,” kata Lilik. 

Padahal, paket wisata menjadi lebih murah karena transportasi lokal dibagi dengan jumlah peserta yang banyak. “Misalnya naik bus dibagi 20 orang tentu lebih murah, surat izin semuanya juga sudah diurus,” tambah Lilik. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/06/080200927/Pilih.Mana.Tiket.Penerbangan.atau.Paket.Wisata.Ke.Eropa.

Leave a Reply