Salah Kaprah Tentang Caffe Latte Dan Cappucino

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat memesan kopi dengan susu di kedai kopi ala Italia, salah satu pilihan favorit orang Indonesia adalah caffe latte atau cappucino. Namun di balik kedua racikan minuman tersebut, ada salah kaprah yang lazim terjadi di Indonesia.

Caffe latte adalah kopi espresso yang diberi susu. Menurut barista asal Italia, Eduardo Vastolo, orang Indonesia kerap saat memesan kopi ini hanya menyebut “latte” saja. Hal ini terpengaruh kebiasaan di kedai kopi di Amerika Serikat.

“Di Italia, latte berarti susu. Jadi jika Anda memesan latte, maka Anda akan diberi segelas susu,” ujar Eduardo.

(Baca juga: Kenali Lebih Dekat Racikan Kopi Khas Italia)

Menurut Eduardo, para penikmat kopi harus paham mengenai apa yang mereka pesan. Jika mereka menginginkan secangkir kopi yang dicampur dengan susu, maka mintalah caffe latte, bukan latte saja. Eduardo menambahkan, meski begitu populer di Indonesia, caffe latte tidak terlalu diminati di Italia.

“Italia itu hanya ada espresso dan cappuccino. Ada caffe latte, tapi tidak ada yang minum,” tambahnya.

Sementara itu cappucino adalah salah satu jenis racikan kopi yang disajikan dengan steamed milk. Berbeda dengan di Indonesia, di negara asalnya yakni Italia, tak ada orang yang memesan cappuccino lewat dari pukul 10.00 pagi.

“Orang Italia meminum cappuccino hanya untuk sarapan,” tutur pakar kopi dari Italia sekaligus Export Manager pembuat mesin kopi Zicaffe, Giuseppe Trovato.

(Baca juga: Jangan Pesan “Cappuccino” Selain untuk Sarapan)

Hal ini karena cappuccino mengandung susu, yang menurut orang Italia, bisa mengenyangkan layaknya satu kali makan.

“Cappuccino mengandung lebih banyak susu dibanding kopi, sehingga penuh kalori,” tambah Giuseppe.

Meski begitu, atas permintaan wisatawan, banyak kedai kopi di Italia yang menyajikan cappuccino hingga siang. Namun, kedai tersebut pasti tidak menerima pesanan cappuccino pada sore dan malam hari.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/24/080300727/salah.kaprah.tentang.caffe.latte.dan.cappucino

Leave a Reply