Sebelum Menyantap Mie Ala Abang Adek, Simak Tipsnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Warung Abang Adek merupakan warung yang terbilang legendaris. Sejak tahun 2002 lalu, warung ini menjadi fenomenal karena memiliki menu mi instan dengan level kepedasan yang luar biasa.

Bagi Anda penggemar makanan pedas, tidak ada salahnya menantang adrenalin Anda di warung yang terletak di daerah Tomang, Jakarta Barat ini. Terdapat aneka level mi instan yang diberikan, dari mulai 10 cabai rawit sampai 100 cabai rawit.

(BACA: Jangan Bilang Anda Pecinta Pedas jika Belum ke Warung Abang Adek)

Cabai rawit yang disajikan tidak hanya diiris, tapi ditumbuk dan dicampur langsung dengan bumbu mi instan tersebut. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk menyingkirkan cabai tersebut.

Berikut tips yang dihimpun KompasTravel bagi Anda yang penasaran dan ingin mencicipi mi instan ala Abang Adek berikut ini.

1. Pilih Sesuai Kemampuan

Jangan asal memilih level tertinggi saja saat memesan mi instan. Perhatikan juga kemampuan olah tubuh Anda. Apakah tubuh Anda dapat menerimanya? Apakah Anda memiliki sakit yang tidak diperbolehkan makan makanan pedas?

Apabila Anda tidak menyukai pedas, jangan mencoba langsung ke level yang paling tinggi. Anda bisa mencicipi level terendah dahulu. Mi instant yang disajikan dengan telur, kornet dan keju tanpa pedas juga tidak kalah nikmat.

“Iya waktu itu pernah ada yang pingsan katanya ada sakit lambung apa ya,” ujar Sartono, pemilik warung Abang Adek saat ditemui  KompasTravel belum lama ini.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pedasnya sensasi indomie level di Resto Abang Ade,

2. Air Hangat

Ini yang seringkali membuat orang terkecoh, memakan makanan pedas dan menyandingkan dengan minuman dingin. Padahal minuman dingin hanya akan membuat lidah Anda terasa panas dan semakin ingin minum dan minum.

“Mereka sih minumnya pada es teh manis. Padahal seharusnya yang  hangat,” ujar Sartono.

Walaupun terdengar sedikit horor, cobalah untuk memesan minuman hangat seperti air putih hangat atau teh manis hangat. Meskipun mulut Anda akan terasa panas saat meminum, tapi itu hanya sementara karena dalam beberapa saat rasa pedasnya akan berkurang.

3. Keju atau Kornet

Kedua pelengkap ini tergolong membantu untuk mengurangi rasa pedas. Anda dapat memesan ekstra keju atau kornet untuk menyeimbangkan rasa pedas cabai rawit dengan asinnya keju.

4. Teriak? Boleh

Hal yang satu ini memang terdengan sedikit konyol. Namun, tidak ada salahnya apabila Anda bisa menyalurkan emosi Anda karena merasa kepedasan dengan berteriak.

“Biasa mah mbak. Di sini kalau kepedasan ada yang sampai teriak-teriak, jerit-jerit juga ada,” tutur pemilik warung sambil tertawa mengingat tingkah pengunjung yang menikmati mi instan level pedas mampus.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Untuk 1 porsi mie pedas garuk, cabai yang digunakan sebanyak 50 buah.

5. Tidak Kuat? Jangan Lanjutkan

Jangan paksakan diri apabila Anda sudah tidak kuat dengan rasa pedasnya. Makan makanan pedas juga tidak terlalu baik untuk kesehatan Anda. Lebih baik menyudahi makan daripada menderita kemudian yang menyebabkan Anda harus dilarikan ke rumah sakit.

“Aduh yang nggak-nggak mah sering. Ada lah yang pingsan, ada yang sakit perut sampai gak bisa gerak. Banyak deh,” tambah Sartono.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/31/192300927/Sebelum.Menyantap.Mie.ala.Abang.Adek.Simak.Tipsnya

Leave a Reply