Seberapa Murah Tiket Pesawat Yang Dijual Di Kompas Travel Fair?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran wisata atau travel fair adalah ajang yang tepat untuk berburu tiket pesawat promo maupun paket wisata dan tur, juga aneka perlengkapan untuk berlibur. Pengunjung biasanya rela mengantre masuk ke area pameran maupun antre untuk mendapatkan cashback bank yang merupakan mitra bank dari travel fair tersebut.

Akhir pekan ini, Kompas Travel Fair (KTF) 2016 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, “diserbu” para pemburu tiket pesawat murah. Namun, seberapa murah tiket pesawat yang dijual di pameran wisata yang diselenggarakan Harian Kompas itu?

Dari beberapa pengunjung yang KompasTravel wawancara, mengaku berhasil mendapatkan tiket murah ke berbagai destinasi di dunia. Namun terutama memang ke negara-negara di Asia.

Seperti Rian Tangkepadang (36), pengunjung asal Jakarta Pusat. Ia berhasil mendapatkan tiket pesawat Jakarta-Hongkong PP dengan harga Rp 1,4 juta. Ia akan pergi ke Hongkong bersama rekannya pada tanggal 23 November 2016.

“Saya naiknya Malaysia Airlines. Dapat cashback dari CIMB Niaga Rp 800.000,” kata Rian kepada KompasTravel saat ditemui pada hari pertama acara Kompas Travel Fair, Jumat (2/9/2016).

(Baca: Tiket Jakarta-Hongkong PP Rp 1,4 Juta Diboyong Pengunjung KTF)

Bisa dibilang, jika dibandingkan dengan harga di situs pencarian perjalanan, harga tersebut setara dengan tiket pesawat menggunakan maskapai bertarif rendah atau LCC (low cost carrier). Tentu saja, memanfaatkan cashback akan membuat harga menjadi semakin murah.

CIMB Niaga sebagai mitra bank Kompas Travel Fair 2016 memang menawarkan cashback yang menarik untuk pembelian dengan debet dan kartu kredit CIMB Niaga. Sebagai contoh, tiket pesawat rute internasional khusus tujuan Hongkong, Korsel, Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat dengan nilai transaksi di bawah Rp 5 juta akan mendapatkan cashback sebesar Rp 800.000 dan tersedia kuota sebanyak 200 tiket.

Sementara itu, pengunjung lainnya bernama Haris, mendapat tiket ke Jepang PP Rp 3,8 juta. Beda lagi dengan pengunjung bernam Ria.

“Saya dapat tiket PP ke London harganya Rp 7,7 juta,” kata Ria yang sedang membayar tiket di kasir, Jumat (2/9/2016).

(Baca: Pengunjung KTF Incar Promo Malaysia Airlines, Tiket ke London Hanya Rp 7,7 Juta)

Sementara itu, salah seorang pengunjung lainnya, Dian (32) asal Jakarta, juga berhasil mendapatkan tiket promo Jakarta-Jepang PP yaitu dengan harga Rp 2.935.000.

“Saya tadi datang mengantre pukul 11.00 WIB. Saya kira sudah habis ternyata masih dapat antrean buat dapat cashback,” kata Dian kepada KompasTravel di sela-sela acara Kompas Travel Fair, Jakarta, Jumat (2/9/2016).

(Baca: Pengunjung Ini Berhasil Beli Tiket ke Jepang Rp 2,9 Jutaan di Kompas Travel Fair)

Ada 12 maskapai penerbangan dengan rute internasional dan domestik yang memberikan harga promo di KTF 2016. Promonya memang beragam, seperti Garuda Indonesia yang menawarkan tiket Jakarta-Singapura PP seharga Rp 1,8 juta. Ada pula EVA Air yang menawarkan penerbangan ke Taipei PP mulai dari Rp 3,5 juta.

(Baca: Catat, Daftar Promo Tiket Murah Semua Maskapai di Kompas Travel Fair)

Maskapai-maskapai yang berpartisipasi ini sebagian besar adalah maskapai penerbangan full service. Hal itu berarti harga tiket sudah termasuk bagasi, makanan di atas pesawat, hingga fasilitas in-flight entertainment.

KTF 2016 berlangsung pada 2-4 September 2016. Seperti tahun lalu, tahun ini KTF kembali bertempat di Jakarta Convention Center, tepatnya di Plenary Hall dan Main Lobby.

Pameran dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Tiket masuk seharga Rp 20.000. Sebagai mitra bank pameran wisata ini adalah CIMB Niaga.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/04/090400127/Seberapa.Murah.Tiket.Pesawat.yang.Dijual.di.Kompas.Travel.Fair.

Leave a Reply