Selain “Espresso”, Ini Beragam Jenis Minuman Kopi Hitam

KOPI dibuat dari seduhan biji kopi yang sudah dipanggang dan dihaluskan. Dalam kedai-kedai kopi ala Italia, dasar dari segala jenis minuman kopi adalah espresso. Namun jenis minuman kopi hitam begitu beragam. Agar lebih jelas, simak uraiannya berikut ini seperti dikutip dari SajianSedap.com.

Espresso/Short Black

Espresso merupakan satu ‘shot’ kopi yang berisi 30 ml kopi hitam dan biasanya disajikan menggunakan cangkir demitasse.

Seiring berjalannya waktu, ada saja yang menyajikan Espresso dengan cangkir yang lebih besar, sehingga membuat aromanya lebih premium. Ada juga yang menyajikan Espresso dalam suhu kamar, bahkan dingin.

Espresso yang bagus memiliki crema, lapisan busa tipis yang terdapat di bagian atas kopi sesaat setelah diseduh. Untuk membuat Espresso, Anda memerlukan mesin kopi khusus untuk menghasilkan Espresso yang sempurna.

Long Black/Americano

Long Black dibuat dari Espresso yang ditambah dengan air panas. Secara tradisional, Espresso langsung ditambahkan ke dalam air panas, ini bertujuan agar menjaga crema kopi tetap utuh. Perbandingan antara kopi dan air bervariasi, ada yang 1:1 dan ada juga yang 1:2.

Ristretto

Kopi hitam ini memiliki jumlah dan ukuran cangkir yang lebih kecil dari Espresso, yakni hanya 15 ml. Tentu saja rasanya lebih kuat dari Espresso.

Vienna

Kopi hitam ini adalah kopi Long Black/Americano yang disajikan dengan tambahan whipped cream, yang berfungsi sebagai pengganti susu dan gula.

Macchiato

Macchiato terdiri dari Espresso, terkadang satu atau dua ‘shot’ yang disajikan dengan tambahan busa susu di bagian atasnya.

Doppio

Doppio terdiri dari dua ‘shot’ Espresso, yakni sebanyak 60 ml. (SCI/dari berbagai sumber/SajianSedap.com)

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/24/070800627/selain.espresso.ini.beragam.jenis.minuman.kopi.hitam

Leave a Reply