Semahal Itukah Ke Raja Ampat?

JAKARTA, KOMPAS.com – Berapa bujet yang Anda ketahui untuk pergi ke Raja Ampat? Rp 20 juta atau Rp 30 juta? Anda memang tak salah. Dengan bujet tersebut Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas maksimal di Raja Ampat, Papua Barat.

Namun bagi Anda yang memiliki bujet kurang dari Rp 20 juta, bukan berarti Anda tak dapat melancong ke Raja Ampat.

“Kami ingin menunjukkan ke orang-orang kalau ke Raja Ampat tak mahal. Banyak orang yang bilang lebih baik ke luar negeri daripada ke Raja Ampat yang mahal. Padahal ini negara kita sendiri, sebelum ke rumah orang lain, kenali rumah sendiri dulu,” kata Erlangga Pragolo dari HamuEco Dive Resort, yang ditemui di Kompas Travel Fair, Sabtu (3/9/2016).

Di Kompas Travel Fair, HamuEco memberi promo menginap 4 hari 3 malam seharga Rp 3.990.000.

Promonya terbilang berhasil, selama KompasTravel duduk dan berbincang bersama Erlangga, ada banyak pengunjung KTF yang hadir dan bertanya, “Benar itu ke Raja Ampat empat juta?” kata salah satu pengunjung.

“Sudah pakai tiket pesawat belum?” kata pengunjung lainnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Homestay di Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016). Luas pulau berpasir putih dan dipenuhi homestay ini cuma 6 hektar. Desa Arborek pernah meraih juara satu sebagai Kampung Wisata Terbaik se Papua Barat. Berjalan kaki sepanjang pantai atau memasuki perkampungan sangat disukai wisatawan.

Harga Rp 4 juta untuk pergi ke Raja Ampat tentu diluar tiket pesawat. Harga tersebut adalah harga promo yang diberikan HamuEco Dive Resort untuk penginapan selama tiga malam, antar jemput dari Waisai ke Resort, makan selama tiga kali sehari, kapal untuk tur keliling pulau, gratis internet akses, dan pajak dari Pemkab Raja Ampat.

“Sebenarnya tak semahal yang dikira. Apa yang didapat dan dibawa dari Rp 10 juta itu sebanding dengan alam Raja Ampat, juga kalau ke sini manfaatnya banyak sekali untuk penduduk lokal,” kata Erlangga.

Ia mengatakan paket wisata Raja Ampat dengan harga yang melambung tinggi adalah paket wisata berlayar yang biasanya tinggal di dalam kapal (live on board) atau menginap di resor mewah buatan orang asing.

“Di Raja Ampat ada banyak homestay penduduk yang harganya murah,” kata Erlangga.

KompasTravel melakukan perhitungan, apakah benar yang disebutkan oleh Erlangga dengan uang Rp 10 juta dapat ke Raja Ampat.

AUDREY ROIT Diving di Raja Ampat, Papua Barat.

Skenarionya adalah menumpang pesawat dengan rute Jakarta-Sorong yang dibanderol Rp 4 juta PP, yang merupakan harga normal dari pesawat low bujet. Kemudian dari Sorong ke Waisai menumpang feri yang dibanderol harga sekitar Rp 150.000, dengan total PP Rp 300.000.

Sisa bujet Rp 5,7 juta Anda memang dapat menginap di resor sekelas HamuEco. Juga, Anda masih memiliki dana untuk mencoba diving yang dibanderol Rp 1 juta.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan ketahui pos pengeluaran terbesar dan pengeluaran yang dapat ditekan untuk menuju destinasi impian Anda, Raja Ampat. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/07/072400827/semahal.itukah.ke.raja.ampat.

Leave a Reply