Simak, Tips Berbelanja Di China

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlibur ke destinasi wisata tak lengkap jika tak membeli oleh-oleh. Bentuknya bisa apa pun mulai dari kaus, makanan atau oleh-oleh lainnya.

Begitu juga ketika pergi ke China. Di sana terkenal sebagai destinasi wisata belanja yang diminati oleh wisatawan asal Indonesia.

Namun, tentu ada trik-trik khusus yang bisa dilakukan jika ingin berbelanja di China. Berikut trik-trik berbelanja di China dari Travel Consultant Bayu Buana Travel Service, Jalia Muliaty yang bisa dicoba.

1. Pintar menawar

China memiliki pasar tradisional atau pasar malam yang menawarkan barang-barang seperti baju, tas, maupun barang-barang lain. Janganlah lengah jika diberi tawaran harga.

Jalia menyarankan, untuk menawar barang dengan kisaran 50-70 persen dari harga yang ditawarkan. Biasanya, penjual akan mulai membuka perbincangan harga setelah ditawar.

2. Bawa kalkulator

Salah satu kendala umum ketika berwisata adalah perbedaan bahasa. Apalagi jika destinasi wisata yang dituju minim yang dapat berbahasa Inggris.

Jika berbelanja di China, jangan lupa untuk membawa kalkulator. Kalkulator berfungsi sebagai alat komunikasi dalam tawar menawar harga barang yang akan dibeli.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Deretan penjual suvenir di Pingyau, Tiongkok.

3. Cek barang

Harga barang di China bisa dijual setengah harga dari harga barang asli. Jangan salah, bisa jadi barang yang dibeli berkualitas palsu.

Jalia mengatakan, terkadang barang-barang di China berkualitas KW 1. Apalagi, lanjutnya, wisatawan bukan berbelanja di toko resmi misalnya yang berada di dalam mal.

Pastikan untuk mengecek kembali kualitas barang-barang yang akan dibeli. Jika ingin berbelanja barang-barang yang asli, wisatawan disarankan untuk menghindari belanja di pasar malam.

4. Pasar malam

Jika ingin berbelanja oleh-oleh murah untuk kerabat di China, pasar malam bisa menjadi opsi yang tepat. Menurut Jalia, cenderamata dari China bisa dibeli di pasar malam dengan harga yang murah.

Selain itu di pasar malam, wisatawan bisa menawar barang-barang yang akan dibeli. Jangan lupa untuk menawar hingga setengah harga.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Menara pusat turis di Pingyau, Tiongkok.

5. Ketahui harga barang

Ada baiknya wisatawan mengetahui harga barang-barang yang dijual di negara asal seperti Indonesia sebelum di China. Dengan begitu, wisatawan bisa membandingkan harga barang yang dijual di China.

6. Ajak penduduk lokal

Pilihan untuk mengajak penduduk lokal bisa dicoba. Penduduk lokal bisa membantu menawarkan barang-barang yang akan dibeli dengan bahasa Mandarin.

Selain itu, penduduk lokal juga bisa menunjukkan tempat-tempat yang menjual barang-barang murah di China.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/07/083400927/simak.tips.berbelanja.di.china

Leave a Reply