Tak Hanya Durian, Nangka Juga Diburu…

JAKARTA, KOMPAS.com – Fruit & Veggie Festival yang diadakan di Blok M Square masih berlangsung hingga Minggu (4/9/2016). Masih ada kesempatan bagi Anda untuk berkunjung ke sini.

Acara yang diadakan oleh Trubus Cipta Swadaya (TCS) ini menghadirkan beberapa aneka acara dan dagangan. Acara yang diadakan seperti, seminar kurma tropis, kontes melon super, ragam model hidroponik dan lainnya.

Tidak hanya aneka durian medan yang dijual di festival ini, melainkan ada juga aneka buah unggul, buah nangka dan juga aneka tanaman yang bisa Anda tanam di rumah.

Ternyata buah yang banyak diburu oleh pengunjung tidak hanya durian, melainkan nangka. Satu-satunya kios yang menjual buah nangka ini ramai diserbu oleh pengunjung.

Dalam sehari, mereka dapat menjual 8 kuintal nangka. Melihat respon yang positif dari masyarakat ini, mereka pun berinisiatif untuk menambahkan terus stok nangka di acara festival ini.

“Banyak yang nyariin. Dari kemarin itu kalau ada yang beli, mereka bilang kalau nangka banyak manfaatnya kayak untuk kesehatan begitu” tutur Aju, pemilik dari toko Nangka Bogor.

Selain rasanya yang manis, nangka banyak dicari orang karena memiliki khasiat bagi beberapa penyakit. Seperti penyakit gula atau diabetes dan kolesterol, baik untuk mengkonsumsi nangka.

Menurut Aju, pemilik dari toko Nangka Bogor ini, dirinya tidak begitu tahu manfaat nangka ini bagi penyakit. Namun, Aju mengakui dua hari terakhir ini banyak orang yang membeli untuk mengobati sakit kolesterol dan gula.

Seperti yang dipantau KompasTravel, Sabtu (27/8/2016), kios ini jarang terlihat sepi. Para pegawai terus mengupas nangka karena pembeli terus berdatangan. Sejak dua hari buka saja, pemilik kios mengungkapkan dirinya telah berhasil menjual 2 ton lebih nangka.

“Omset saya 2 hari ini sudah 2 ton lebih lah. Hari ini masih ada pengiriman lagi, soalnya  Minggu puncaknya orang-orang pada ke sini,” ujar Aju.

Dari 12 macam nangka, toko yang mengambil nangka dari kota Bogor ini menjual 3 macam nangka. Nangka yang banyak dijual Aju adalah nangka madu. Namun selain itu dirinya juga menjual nangka salak dan nangka susu. Ada juga nangka cempedak, yang memiliki warna daging buah yang kemerah-merahan.

“Ini ada juga nangka cempedak, tapi bukan cempedak. Cuman warnanya saja yang kemerah-merahan,” ujar Aju.

Selain hadir dalam festival ini, Aju mendistribusikan nangka-nangka ini ke toko-toko buah, restoran dan beberapa tempat pengolahan.

Biasanya nangka yang dijualnya diolah menjadi campuran untuk Es Campur dan keripik nangka. Di festival ini, nangka bogor dibanderol dengan harga Rp 25.000 per setengah kilo.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/29/092800027/Tak.Hanya.Durian.Nangka.Juga.Diburu.

Leave a Reply