Terjun Payung Meriahkan Sail Selat Karimata 2016 Di Kayong Utara

SUKADANA, KOMPAS.com – Perhelatan rangkaian acara puncak Sail Selat Karimata yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (15/10/2016), dimeriahkan atraksi terjun payung dari TNI.

Ribuan pasang mata pun terpukau menyaksikan kegiatan yang dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak masyarakat untuk bisa menjaga wilayah laut Indonesia, baik itu dari aksi pencurian ikan, pencemaran lingkungan, dan kerusakan.

Ia berharap kegiatan ini bisa memajukan pariwisata bahari yang diikuti dengan peningkatan infrastruktur penunjang di Kabupaten Kayong Utara.

“Ketika ikan sudah kembali berlimpah, kita juga harus terus memperkuat industri perikanan kita, untuk anak cucu di masa yang akan datang,” ujar Jokowi.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Atraksi terjun payung yang turut memeriahkan puncak rangkaian Sail Selat Karimata 2016 yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (15/10/2016).

Presiden menegaskan, bahwa 71 persen wilayah Indonesia adalah air atau laut. Laut bukan hanya sekadar sumber kehidupan saja, tetapi masa depan yang menyatukan kurang lebih 17.000 pulau di nusantara.

“Laut bukan memisahkan antara bangsa, laut bukan memisahkan kita di antara pulau-pulau yang ada tapi laut justru menjadikan kita terhubung satu dengan yang lain,” ujarnya.

Gubernur Kalbar Cornelis berharap Sail Selat Karimata yang dihadiri Presiden Joko Widodo akan membawa nama Kayong Utara bahkan Kalimantan Barat menjadi tersohor karena wisata alam yang sangat indah.

“Selain itu, kegiatan Sail Selat Karimata 2016 yang diikuti oleh peserta mancanegara tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk dapat mempromosikan semua potensi yang dimiliki,” ujar Cornelis.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Atraksi terjun payung yang turut memeriahkan puncak rangkaian Sail Selat Karimata 2016 yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (15/10/2016).

Selain membuka Sail Selat Karimata, Presiden juga meresmikan Masjid Agung Oesman Al-Khair di Sukadana.

Penyelenggaraan Sail Selat Karimata 2016 secara berurutan dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat di Kabupaten Kayong Utara.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/15/202400327/terjun.payung.meriahkan.sail.selat.karimata.2016.di.kayong.utara.

Leave a Reply