Tertarik Menjadi Koki Di Garuda Indonesia? Ini Tahapannya…

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahukah Anda jika Garuda Indonesia memiliki koki udara yang bertugas di rute penerbangan internasional? Para koki yang disebut Chef on Board dan Manager Cuisine ini bertanggung jawab soal kuantitas, kualitas, dan penyajian makanan di pesawat. 

Untuk menjadi chef di Garuda Indonesia ternyata tak mudah, ada tahapan panjang yang harus dilalui. Menurut Chef Instructor di Garuda Indonesia, Zalman ada lima tahapan yang harus dilalui untuk dapat menjadi koki di udara di Garuda Indonesia.

“Ada lima tahap yang harus dilalui. Pertama wawancara pertama, tes kesehatan, tes produk, wawancara kedua, dan terakhir wawancara dengan HRD,” kata Zalman yang mengaku awalnya mengetahui informasi pembukaan lowongan dari internet.

Di samping tahapan tersebut, Zalman menceritakan jika syarat utama yang harus dipenuhi oleh Chef on Board di Garuda Indonesia minimal telah memiliki karier tingkat menengah di profesi koki.

“Tahapannya juga mirip dengan perekrutan pramugara. Dari tinggi sampai berat badan ideal juga diukur, terkait performa saat bekerja,” kata Zalman yang ditemui di Garuda Indonesia Trvael Fair, JCC, Sabtu (8/10/2016).

Di maskapai Garuda Indonesia, Chef on Board bertanggung jawab terhadap makanan penumpang kelas utama, sedangan Manager Cuisine bertanggung jawab terhadap makanan penumpang kelas bisnis.

Lantas apakah fresh graduate atau lulusan baru di dunia kuliner dapat melamar menjadi chef di Garuda Indonesia? “Kalau baru tanpa pengalaman, apakah bisa untuk menangani masalah di udara,” kata Aldo, Chef Instructor di Garuda Indonesia yang ditemui di acara GATF juga. 

Ia mengatakan tak hanya kemampuan memasak, kemampuan menghadapi masalah mulai dari keluhan penumpang, pengaturan waktu yang sangat ketat, sampai performa pelayanan sangat diutamakan.

“Tidak boleh nervous sama sekali, karena yang kita hadapi elite dan elite plus. Mereka punya ekspektasi yang tinggi,” kata Aldo.

Saat ini Garuda Indonesia memiliki 153 Chef on Board dan Manager Cuisine, dengan 30 chef berbasis di Denpasar, Bali dan 123 lainnya berbasis di Jakarta untuk siap bertugas di penerbangan rute internasional. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/10/160100127/tertarik.menjadi.koki.di.garuda.indonesia.ini.tahapannya.

Leave a Reply