Tips Berfoto Dengan Hewan Laut Ala Marischka Prudence

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sebagai negara kepulauan menyimpan kekayaan bawah laut yang memukau untuk dinikmati. Karang dan aneka hewan laut hidup dan berkembang biak di dalam laut.

Seperti hewan penyu, ikan hiu, dan ikan pari adalah beberapa primadona yang paling ditunggu para penyelam. Momen-momen untuk berfoto dengan hewan-hewan tersebut menarik untuk diabadikan.

Namun, bagaimana cara terbaik untuk mendekati hewan-hewan laut tersebut? Travel blogger sekaligus penyelam bersertifikat Advance, Marischka Prudence memberikan beberapa tips berfoto bersama hewan di dalam laut.

Marischka mengatakan, jika ingin berfoto dengan hewan-hewan di dalam laut seperti ikan hiu, pari manta, ataupun penyu, hal pertama yang mesti dilakukan adalah bersikap tenang. Ia menjelaskan, berenanglah dengan perlahan dan tanpa banyak mengeluarkan buih-buih udara.

“Baiknya kalau mau foto, datangi dari belakang atau samping. Kalau dari depan, biasanya mereka (hewan laut) akan pergi menjauh,” kata Marischka kepada KompasTravel seusai acara talkshow “Enjoy Underwater Jewelries with Respect” dalam acara Kompas Travel Fair di Jakarta Convention Center, Minggu (4/9/2016) sore.

Menurutnya, hewan-hewan laut bisa merasakan kehadiran manusia di laut. Ia menjelaskan, jika penyelam melakukan penyelaman dengan tenang, maka hewan-hewan tersebut pun juga akan tenang.

ARSIP KOMPAS TV Berenang bersama ikan pari manta di perairan Raja Ampat, Papua.

“Lebih baik jangan disentuh, karena bisa buat hewannya stres dan juga ada bakteri juga. Pernah saya nyelam dikasih tahu sama buddy saya, ada ikan lucu tapi itu berbahaya karena siripnya yang tajam. Jadi lebih ke segi keamanan,” jelas perempuan yang pernah berprofesi sebagai news anchor tersebut.

Tempat-tempat menyelam di Indonesia bisa terbilang cukup beragam. Di Bali misalnya, penyelam bisa mengunjungi Nusa Penida, Pulau Menjangan, Pemuteran, dan Candi Dasa.

Di Nusa Tenggara Timur, penyelam bisa mengunjungi area laut di Taman Nasional Komodo, Alor, Lembata, dan beberapa spot lain. Sementara di Sulawesi Selatan, penyelam bisa datang ke Taman Nasional Taka Bonerate.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/05/215400927/Tips.Berfoto.dengan.Hewan.Laut.ala.Marischka.Prudence

Leave a Reply