Tips Memilih Koper Untuk Liburan

JAKARTA, KOMPAS.com – Termasuk ke dalam tipe liburan manakah Anda? Apakah Anda bertipe pergi dengan ransel atau koper?

Jika Anda ingin pergi berlibur dengan koper dan masih dalam rencana membeli koper, ada baiknya simak tips berikut. Berikut beberapa tips dari Supervisor salah satu merek koper, Samsonite, Endra kepada KompasTravel di sela-sela acara Kompas Travel Fair beberapa waktu lalu.

 
1. Pergi ke mana?
 
Mau ke mana Anda akan pergi? Apakah ke tempat tropis atau sub tropis?
 
Jika Anda ingin pergi ke tempat yang bersuhu dingin, Endra mengatakan lebih baik untuk memilih jenis koper dengan tipe hardcase. Pasalnya, faktor cuaca akan membuat koper lebih lembab.
 
Selain itu, jenis hardcase akan melindungi barang-barang Anda dari risiko basah dibandingkan dengan tipe softcase.
 
2. Warna apa?
 
Menurut Endra, usahakan untuk memilih warna koper yang cerah. Biasanya koper-koper yang berwarna gelap sudah banyak digunakan.
 
Warna koper yang cerah ditambah motif-motif akan memudahkan untuk ditemukan saat ingin mengambil bagasi di bandara.
 
Sementara jika ingin membeli koper yang berwarna gelap, Anda mesti menambahkan sedikit aksesoris seperti pita dan kertas nama sebagai tanda agar tak tertukar.
 
3. Ukuran koper?
 
Sesuaikan ukuran koper dengan kebutuhan barang liburan Anda. Jika hanya ingin menempatkan di kabin pesawat, ukuran 20 inci adalah ukuran yang tepat.
 
Sementara, ukuran 24 atau 28 inci lebih cocok diletakkan di dalam bagasi pesawat. Koper dengan ukuran 20 inci bisa memuat barang seberat 7 kilogram, 24 inci untuk 20 kilogram, dan 28 inci untuk 30 kilogram.
 
4. Bahan apa?
 
Koper terdiri dari dua jenis yaitu hardcase dan softcase. Hardcase biasanya terbuat dari bahan polycarbonate.
 
Untuk jenis softcase, terdapat bahan polyester dan nylon. Karakteristik polyester cenderung lebih berat dan nilon lebih ringan.
 
5. Bertanya pada siapa?
 
Jika ingin membeli koper jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penjual. Anda bisa bertanya tentang koper yang Anda butuhkan sebelum berlibur.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/08/064300327/tips.memilih.koper.untuk.liburan

Leave a Reply