Togean Disiapkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan Sulteng

PALU, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan menetapkan Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Unauna sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang akan dikembangkan secara intensif.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah, Hj. Siti Norma Mardjanu di Palu, Kamis (15/9/2016), mengatakan Togean dipilih sebagai destinasi unggulan karena wilayah kepulauan itu telah masuk sebagai kawasan strategis nasional serta kawasan strategis pariwisata.

Selain itu, menurut Norma, potensi wisata Togean telah diakui oleh pemerintah pusat, sehingga diberikan beberapa penghargaan dan pengakuan sebagai daerah wisata.

Oleh karena itu, Pemprov Sulteng akan segera menetapkan kawasan tersebut sebagai destinasi unggulan lewat Peraturan Gubernur Sulawesi Tengah tentang destinasi wisata.

“Bulan depan diperkirakan peraturan gubernur tentang destinasi wisata telah selesai disusun oleh Biro Hukum Setprov Sulteng,” jelasnya.

Siti Norma Mardjanu memaparkan, Pemprov Sulteng akan menggandeng pemerintah pusat mengembangkan kawasan wisata Kepulauan Togean, baik dari sisi promosi maupun dukungan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana wisata.

“Kami akan berupaya untuk membenahi serta melengkapi seluruh infastruktur penunjang wisata serta sarananya agar wisatawan merasa nyaman,” katanya.

Selain Kepulauan Togean dengan keindahan taman lautnya yang sudah terkenal di dunia, Pemprov Sulteng juga akan menetapkan Lembah Besoa di Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, sebagai salah satu destinasi wisata budaya.

DOK INDONESIA.TRAVEL Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah.

Di Lembah Besoa, lanjut Norma, terdapat berbagai situs megalitikum tertua dan terunik di Indonesia. Di lembah tersebut juga terdapat patung megalitikum Tadulako yang tidak berjauhan dengan Desa Doda, serta berbagai patung megalitikum lainnya di kawasan cagar budaya Pokekea.

Hampir semua desa di Lembah Besoa itu terdapat peninggalan berupa patung megalitikum yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara.

Pemprov Sulteng akan membenahi seluruh sarana prasarana, terutama jalan raya menuju lokasi megalitikum tersebut serta infastruktur penunjang lainnya.

Norma menambahkan, Besoa dan Lore Lindu yang nantinya akan ditetapkan sebagai destinasi wisata merupakan kawasan cagar biosfer yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada tahun 2007.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/16/102100627/togean.disiapkan.jadi.destinasi.wisata.unggulan.sulteng

Leave a Reply