“Traveling” Sendiri Atau Ikut Tur, Mana Lebih Baik?

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir-akhir ini pameran travel menjamur di Jakarta. Dari mulai menawarkan tiket pesawat hingga tur perjalanan.

Anda dapat menikmati aneka macam promo dari mulai promo tiket pesawat, paket-paket perjalanan yang murah hingga bonus-bonus lainnya. Namun dari sekian banyak penawaran yang diberikan mana yang lebih baik, apakah traveling sendiri atau bergabung dengan tur?

Saat traveling sendiri, Anda dituntut untuk menyiapkan semuanya sendiri. Dari mulai itenerary, tiket pesawat hingga penginapan di sana nantinya.

Ketika berada di destinasi tujuan, Anda juga harus memikirkan kendaraan selama di sana. Terutama apabila Anda menuju luar negeri, Anda harus riset terlebih dahulu.

Sebelum berangkat Anda harus mempelajari transportasi apa yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan itinerary Anda. Misalnya menggunakan kereta, Anda bisa mempelajari rute perjalanan dengan peta yang bisa Anda browsing.

Walaupun dengan angkutan taksi pun ada baiknya Anda mengkatifkan internet dan mengaktifkan GPS. Jangan sampai Anda diajak putar-putar ketika di taksi.

Dengan terobosan teknologi saat ini pun Anda tidak akan kesulitan mencari penginapan. Misalnya seperti Airbnb dan beberapa situs lainnya bisa mempermudah pencarian akomodasi Anda. Coach Surfing juga bisa menjadi pilihan untuk Anda apabila ingin menghemat biaya selama di sana.

ARSIP PANORAMA Tour leader Panorama membawa tamu Eropa di salah satu obyek wisata Tanah Air.

Berbeda dengan traveling sendiri, melakukan dengan tur lebih tersistematis. Perjalanan Anda sudah diatur dari mulai tiket perjalanan sampai acara selama di sana. Selain itu sudah ada pemandu yang memiliki kemampuan bahasa yang sama dengan Anda.

“Kalau ikut tur kan tinggal duduk manis. Bangun tinggal makan, ikut tur, gak perlu repot,” ujar Endy Wiselly, Chief Product Officer├é┬áPanorama Tours saat ditemui KompasTravel, Jumat (16/9/2016).

Anda cukup mempelajari itinerary yang telah ditetapkan oleh agen perjalanan. Apakah destinasi-destinasi yang diberikan menarik atau tidak. Transportasi, penginapan sampai tempat makan sudah terjamin selama di sana oleh pihak agen perjalanan.

“Biasanya yang gak include itu tips untuk guide sama tax terutama tax itu kan berubah-ubah,” ujar Endy.

Apabila Anda ingin lebih santai dan tidak terlalu kaku, traveling sendiri adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Perjalanan Anda bisa lebih fleksibel dan bisa Anda rancang sendiri.

Namun apabila Anda ingin semua tertata rapi, Anda bisa menggunakan tur. Antara traveling sendiri dengan menggunakan agen perjalanan dua-duanya adalah baik dan tergantung selera Anda.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/19/063200127/.traveling.sendiri.atau.ikut.tur.mana.lebih.baik.

Leave a Reply