Tren Naik Kereta Api Meningkat Pesat Tiap Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini, pesawat udara memang jadi transportasi paling favorit saat traveling. Apalagi maskapai berlomba-lomba menyuguhkan tiket promo dengan harga miring.

Meski begitu, bukan berarti transportasi umum lainnya tak lagi digunakan oleh wisatawan. Kereta api juga jadi transportasi favorit saat jalan-jalan. Buktinya, tren naik kereta api meningkat dari tahun ke tahun.

Hal ini berdasarkan data dari situs Pegipegi.com yang diambil dari Google Trend. Dari rilis Pegipegi.com yang diterima KompasTravel, Kamis (13/10/2016), popularitas pemesanan tiket kereta api secara online terus meningkat tiap tahunnya.

Tren serupa juga terjadi pada transaksi pemesanan tiket kereta api di situs Pegipegi.com. Sepanjang masa promo periode 21-30 September 2016, terjadi kenaikan transaksi mencapai 1.000 persen.

Dari peningkatan sepanjang 10 hari tersebut, ditemukan tren menarik di kalangan wisatawan pengguna kereta api. Jika umumnya traveling adalah hal yang terencana, maka mayoritas pengguna kereta api lebih suka memesan tiket secara dadakan.

Data booking Pegipegi.com menunjukkan bahwa lebih dari 20.000 pelanggan, 47 persen di antaranya memesan tiket KA dalam waktu tiga hari sebelum keberangkatan. Sebanyak 14 persen pelanggan memesan untuk keberangkatan 31-60 hari ke depan. Tak sedikit pula yang membeli tiket pada hari H keberangkatan. 

Sekitar 18 persen pelanggan melakukan booking untuk liburan akhir tahun ini. Lima destinasi favorit berdasarkan data dari Pegipegi.com adalah Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang.

Situs Pegipegi.com menyuguhkan program spesial untuk pengguna kereta api yang bisa dilihat di www.pegipegi.com/promokereta15. Program ini berlaku mulai 11-15 Oktober 2016 dan dapat digunakan untuk keberangkatan hingga tiga bulan ke depan.

“Program spesial akhir tahun ini adalah bentuk apresiasi kami dalam mengakomodasi antusiasme pengguna kereta di Indonesia,” tutur Deputy CEO Pegipegi, Ryan Kartawidjaja.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/13/221600127/tren.naik.kereta.api.meningkat.pesat.tiap.tahun

Leave a Reply