Ulos Dan Tenun Ikat Kepala Warnai Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

BALIGE, KOMPAS.com – Aksesori tradisional berupa kain ulos dan ikat kepala sortali mewarnai area titik dimulainya Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba di Soposurung, Balige, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016).

Para wanita tampak mengenakan kebaya, sementara laki-laki mengenakan jas. Anak-anak pun tampak menggunakan baju berwarna putih.

Melody (41) asal Kecamatan Parmaksian, Toba Samosir adalah salah satu pengunjung yang menggunakan kostum adat Batak berupa kebaya, rok, sortali, dan ulos motif Sadung.

“Ulos ini biasanya dipakai pernikahan, acara kebahagiaan. Saya pakai mau meniru motifnya Pak Jokowi,” kata Melody.

Ia sendiri mengetahui Jokowi mengenakan kain ulos dari media sosial. Melody ingin melihat dengan mata sendiri Presiden RI itu mengenakan ulos.

Pantauan KompasTravel, masyarakat di sekitar titik awal karnaval menggunakan ulos aneka warna dengan aneka motif. Ulos diletakkan di bahu maupun dililitkan di kepala. Saat karnaval, Presiden Jokowi akan mengenakan ulos Ragidup Sirara sementara Ibu Negara Iriana mengenakan ulos bermotif Tum-Tum yang disiapkan oleh perancang busana Edward Hutabarat.

Informasi yang dihimpun KompasTravel, ulos Ragidup Sirara adalah turunan dari ulos Ragidup dengan dominasi warna gelap. Ulos Ragidup Sirara ditandai dengan warna merah yang menonjol. Motif ulos Ragidup memiliki garis-garis di bagian tengah, memisahkan dua bidang putih di kedua ujungnya.

Kedua pinggiran itu menyerupai pinggiran ulos Ragihotang, yang khusus diperuntukkan bagi pria. Ragidup berasal dari kata ragi dan idup yang bermakna “corak yang hidup”. Ulos ini diperuntukkan bagi kaum bapak atau pribadi yang terhormat seperti para raja.

Secara umum, ulos diberikan kepada seseorang sebagai tanda penghormatan atau penghargaan kepada pribadi yang diterima dengan baik dan diakui sebagai bagian dari masyarakat pemberi ulos.

Sementara itu, ulos bermotif Tum-Tum memiliki asal-usul  yang dekat dengan makna menyala dan berdentum secara lembut. Motif ulos ini sudah mulai langka dan digunakan kaum ibu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat (19/8/2016). Saat berdialog dengan pemerintah daerah, masyarakat, dan tokoh adat setempat di Pendopo Kabupaten Nias, Presiden Jokowi meminta kepada pemerintah daerah setempat agar fokus terhadap pengembangan potensi pariwisata.

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-71 RI tahun 2016 akan dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”. Beragam acara berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, konser musik, pertunjukan tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat. Lebih dari 3.500 peserta akan berpartisipasi di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/21/140500127/ulos.dan.tenun.ikat.kepala.warnai.karnaval.kemerdekaan.pesona.danau.toba

Leave a Reply