Waspadai 10 Hal Ini Saat Liburan Ke Eropa

KOMPAS.com – Pada saat traveling, hal yang paling yang harus kita ingat adalah keamanan. Tetap waspada dengan lingkungan yang bukanlah lingkungan asli Anda.

Di mana pun Anda berada, kejahatan apa saja bisa megintai. Dilansir dari berbagai situs perjalanan seperti Wikitravel hingga CNNTravel yang dihimpun dalam infografis yang dikeluarkan situs pemesanan Justtheflight.co.uk, berikut peringatan penipuan yang mungkin saja Anda temui saat liburan di Eropa.

1. Bunga untuk Pasangan Anda

Targetnya biasanya adalah laki-laki yang berjalan bersama isteri atau mungkin pacarnya. Seseorang akan menghampiri Anda dan menawarkan bunga mawar yang dijualnya. Nantinya Anda akan ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi. Dengan kepiawaiannya dalam berjualan, mereka akan membuat Anda menyesal kepada pasangan Anda apabila tidak membelinya.

Biasanya hal ini bisa terjadi di Eropa seperti di Perancis, Roma dan Barcelona. Apa yang harus Anda lakukan? Cukup tolak dengan halus dan tidak perlu merasa bersalah.

2. Menemukan Cincin

Seorang wanita akan menjatuhkan cincin tepat di depan Anda dan menanyakan apakah Anda yang menjatuhkannya. Ketika Anda mengatakan tidak karena memang itu bukan milik Anda, dia akan memeriksanya. Wanita tersebut akan membuktikan bahwa cincin tersebut emas walaupun sebenarnya bukan.

Selanjutnya wanita tersebut akan menawarkan Anda untuk membelinya dengan harga yang tinggi dan tidak masuk akal dengan harga sebenarnya. Biasanya hal seperti ini akan terjadi di Perancis.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Central Market di Plaza del Mercado 6, Valencia, Spanyol, Rabu (11/11/2015), hiruk pikuk oleh suara penjual dan pembeli. Bangunan dirancang tahun 1914 oleh Francisco Guardia dan Alejandro Soler dan diresmikan oleh Raja Alfonso XIII pada tahun 1928. Pasar segar ini terlihat bersih dan terawat. Berbagai sayuran, aneka buah-buahan, hasil laut sampai makanan ringan dan minuman tersedia di sini. Central Market merupakan salah satu obyek wisata di kota Valencia.

3. Street Games

Street Games atau permainan seperti sulap di jalanan sering dilakukan oleh orang asing. Namun Anda harus waspada di beberapa negara misalnya di Perancis ataupun London karena mereka tidak hanya sekadar bermain.

Para pemain berupa kelompok yang akan menunjukkan kepada wisatawan keahlian mereka dalam bermain sulap dan mengajak Anda untuk berinteraksi.

Nantinya ketika Anda menjadi penasaran dan terpaku dengan permainan mereka, anggota mereka yang lain akan beraksi untuk mengambil sesuatu yang berharga di tas Anda seperti dompet misalnya.

4. Dompet di Jalanan

Trik satu ini tergolong cerdik jadi Anda perlu hati-hati. Biasanya mereka akan meletakkan dompet di jalanan sehingga Anda mengira itu adalah dompet curian yang jatuh atau mungkin memang dompet orang lain jatuh. Padahal sebetulnya dompet tersebut hanyalah dompet kosong.

Ketika Anda melewatinya saja itu memanglah hal yang benar namun sayangnya reflek setiap orang biasanya mereka akan memeriksa dompet mereka. Apakah masih di kantong? Apakah masih di tas? Dari situ para pencuri akan mudah mengetahui di mana Anda meletakkan dompet Anda.

5. Mengotori Jaket Anda

Apabila tiba-tiba ada orang asing yang mengatakan tidak sengaja mengotori jaket Anda, berhati-hatilah. Mereka biasanya akan dengan sengaja menumpahkan saus ataupun minuman ke jaket Anda. Setelah itu mereka akan merasa bersalah, mereka akan berusaha membersihkan jaket Anda.

KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES Hiruk pikuk para pengguna kereta cepat di stasiun Wilhelminaplein, Rotterdam, Belanda.

Saat itulah Anda harus waspada. Mereka akan membersihkan dan tanpa terasa mereka akan merogoh kantong jaket Anda dan mengambil apa pun di dalamnya.

6. Semir Sepatu Gratis?

Seorang penyemir sepatu akan menjatuhkan sikatnya di depan Anda. Ketika Anda memberikan kepada mereka, penyemir tersebut akan berterima kasih kepada Anda dan menyemir sepatu Anda.

Hal ini biasa terjadi di Istanbul dan tentunya tidak gratis. Di akhir mereka akan tiba-tiba meminta bayaran pada Anda, padahal Anda tidak meminta semir sepatu bukan?

7. Peramal Matre

Mungkin sebutan ini cocok untuk peramal di jalan yang mungkin akan Anda temui di jalan di Madrid. Mereka akan memberikan ada bunga rosemary sebagai tanda pertemanan.

Tidak hanya itu, mereka akan mengambil tangan Anda dan membaca ramalan tentang keberuntungan hidup Anda. Setelah mereka selesai membacanya, mereka akan meminta bayaran.

Reuters Turki merupakan tujuan wisata terpopuler kedua setelah Mesir bagi para wisatawan Rusia.

Apabila Anda tidak membayarnya, mereka akan mengutuk keluarga dan hidup Anda. Menakutkan? Sebaiknya Anda menolaknya di awal.

8. Fotografer Dadakan

Anda pastinya akan berfoto ketika sampai di suatu tempat ikonik di sebuah negara. Terkadang Anda juga pasti kesulitan ketika ingin mengambil gambar bersama-sama dengan teman atau keluarga Anda.

Ketika Anda di Eropa berhati-hatilah dan jangan meminta orang asing untuk memfoto Anda dengan menggunakan ponsel atau kamera Anda.

Mereka mungkin di awalnya akan dengan ramah memfoto Anda namun, diakhirnya mereka akan meminta bayaran dengan harga yang mahal. Apa yang akan dilakukan apabila Anda tidak membayarnya? Bisa jadi mereka malah lari membawa kamera atau ponsel Anda.

9. Kasir

Berhati-hatilah juga dengan kasir di tempat perbelanjaan Anda. Mereka memiliki beberapa trik misalnya, menghitung kembalian dengan sangat lambat dan berhenti di pertengahan. Hal ini untuk membuyarkan konsentrasi Anda sehingga Anda lupa sampai mana hitungan tadi.

Selain itu juga waspadalah dengan kasir yang bertransaksi sambil menelepon lewat ponselnya. Di Eropa khususnya Barcelona, bisa jadi kasir hanya berpura-pura dengan sebenarnya sedang memotret kartu kredit Anda untuk diduplikasi.

10. Masyarakat Lokal

Ramahnya masyarakat lokal merupakan hal yang baik namun, Anda tetap harus hati-hati. Di Eropa banyak sekali masyarakat yang bisa melakukan pencurian lewat trik-trik yang mungkin tidak Ada sadari.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata di Mijas, Provinsi Malaga, Spanyol, ini berada di ketinggian sekitar 430 meter di atas permukaan laut. Mijas menawarkan keindahan rumah-rumah warga yang serba putih. Sempatkan berkeliling dengan tuk tuk atau kereta ditarik keledai. Habis itu jangan lupa berburu oleh-oleh khas Mijas.

Misalnya saja menawarkan Anda melihat peta ketika Anda tersesat. Mereka akan membuka peta lebar-lebar di depan wajah Anda sehingga Anda tidak tersadar orang tersebut juga mengambil barang Anda seperti misalnya dompet di kantong Anda.

Tidak hanya itu, biasanya banyak pelancong laki-laki yang diincar oleh perempuan lokal. Anda akan diajak ke bar atau klub malam bersamanya. Nantinya mereka akan membiarkan Anda mabuk dan mencuri semua barang milik Anda.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/09/08/222500827/waspadai.10.hal.ini.saat.liburan.ke.eropa

Leave a Reply