Wow, Ada Panggung Terapung Di Danau Toba

BALIGE, KOMPAS.com – Panggung terapung menjadi tempat pusat penyelenggaraan acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Berbagai acara musik dan budaya akan diselenggarakan di atas panggung terapung.

“Ada yang menarik kita buat di Danau Toba. Kita buat yang unik, buat panggung terapung,” Ketua Harian Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Andre Sumoal dalam jumpa pers di  Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (19/8/2016) malam.

Ia mengatakan, hingga Jumat (19/8/2016) sore, proses pengerjaan panggung terapung masih dilaksanakan. Adapun panggung terapung berlokasi di perairan Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

“Di sana konser musik akan berlangsung. Panggung bisa menahan beban seberat 60 ton. Di sana berlangsung acara musik dari Sammy Simorangkir, J-Flow, Dewa Budjana, Tohpati, dan pada puncaknya ditutup oleh Slank,” tambahnya.

Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Karnaval bersama Pemerintah Kabupaten Simalungun di Inna Hotel Parapat, Kamis (21/7/2016), Ketua Panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi mengungkapkan, bahwa panggung terapung tersebut berukuran pajang 24 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 6 meter. Fifi menyampaikan bahwa panggung terapung berlokasi di Pantai Bebas Parapat ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Selain itu, panggung terapung juga digunakan untuk kegiatan seni budaya yakni tarian empat etnis Batak dan opera Batak. Panggung terapung tersebut, menurut Andre, akan bersifat statis atau tak bergerak.

“Akan ada empat jangkar di empat titik. Tidak akan kemana-kemana karena lidahnya menempel di dermaga. Kapasitas panggung bisa menampung tiga puluh orang. Sebenarnya kalau melihat kapasitas beban bisa menampung lebih dari 100 orang tapi memang dibatasi 30 orang,” jelasnya.

Adapun acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016.  Beragam acara akan tampil seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat.

Pihak penyelenggara menyebutkan, lebih dari 3.500 peserta akan meramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Peserta akan hadir dari provinsi Sabang hingga Papua.

Tahun 2015 lalu, perayaan HUT RI dipusatkan di Pontianak, Kalimantan Barat yang dimeriahkan dengan Karnaval Khatulistiwa. Dalam Karnaval Khatulistiwa, lebih dari 4.000 peserta dari 24 provinsi serta dari Malaysia dan Brunei pawai dari rumah betang, rumah khas suku Dayak, menuju Sungai Kapuas. Pawai pun dilaksanakan di Sungai Kapuas dengan 300 kapal hias.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/08/20/140300027/wow.ada.panggung.terapung.di.danau.toba

Leave a Reply