“Yacht” Mancanegara Ramaikan Sail Selat Karimata Di Kayong Utara

KAYONG UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak 70 hingga 80 yacht atau kapal layar yang berasal dari mancanegara dipastikan akan meramaikan puncak perhelatan Sail Selat Karimata (SSK) yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok, Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Puluhan kapal tersebut saat ini sudah berada di Kabupaten Ketapang dan bersiap akan berlayar menuju Sukadana.

Sekretaris Panitia SSK tingkat Kabupaten Kayong Utara, Hilaria Yusnaini mengatakan, puluhan yachter tersebut akan bertolak dari Ketapang pada 10 Oktober 2016. Diperkirakan akan tiba di pusat kegiatan pada keesokan harinya.

“Kemudian pada tanggal 12 Oktober 2016 rombongan para yachter ini akan kita jamu dengan welcome ceremony,” ungkap Hilaria, Sabtu (8/10/2016).

Para yachter tersebut, kata Hilaria, berasal dari sejumlah negara seperti Australia, Finlandia, Korea, Amerika, dan beberapa negara dari benua Eropa. Mereka sengaja diundang khusus untuk menjajal keindahan panorama alam yang ada di Kabupaten Kayong Utara.

Selain parade kapal yacht, puncak acara juga akan dimeriahkan dengan pameran potensi daerah, atraksi terjun payung, helix water jump, aeromodeling, pagelaran tari Nusantara, Kayong Boxing Championship, festival olahraga bahari, dan parade perahu tradisional.

Rangkaian acara akan berlangsung mulai tanggal 12 hingga 15 Oktober 2016. Rencananya, presiden Joko Widodo akan menghadiri puncak kegiatan yang akan berlangsung pada 15 Oktober 2016.

Saat ini persiapan yang dilakukan panitia hampir 100 persen. Sarana Infrastruktur sudah selesai dikerjakan dan dalam proses pembersihan. Dukungan transportasi juga sudah disiapkan panitia, melalui bantuan dari Kementerian Perhubungan yang menyumbangkan 35 unit bis.

“Sarana transportasi dari Kemenhub sudah di terima. Kita juga bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Ketapang untuk dukungan kelancaran transportasi,” ujar Hilaria yang juga merupakan Sekda Kayong.

Selain transportasi darat, sejumlah maskapai penerbangan dengan rute tujuan Ketapang juga menambah masing-masing satu tambahan penerbangan untuk mendukung kegiatan ini. Sejumlah hotel yang dikhususkan untuk para tamu penting juga sudah dipersiapkan, termasuk tempat menginap presiden Jokowi yang rencanannya akan menginap di fasilitas president suite di komplek Hotel Mahkota di Sukadana.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/09/153200927/.yacht.mancanegara.ramaikan.sail.selat.karimata.di.kayong.utara

Leave a Reply